Powered by Blogger.

Bra Ketat Tingkatkan Resiko Kanker Payudara

>> Tuesday, July 6, 2010

Kamu tahu kan kalau penyakit kanker payudara (breast cancer) termasuk salah satu penyakit pembunuh wanita yang paling ditakuti. Soalnya penyakit ini begitu mematikan, begitu menyerang payudara, seluruh bagian tubuh akan terkena (metastase). Ini tentu membuat pengobatannya makin sulit dan akhirnya terjadi kematian. Iih ngeri yach! Nah sebagai cewek yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi resiko terjadinya Kanker Payudara.
Dalam penelitian di Amerika Bra and Breast Cancer, sebeuah lembaga penelitian penanggulangan Kanker Payudara bagi wanita mengemukakan, bahwa wanita yang memiliki kebiasaan menggunakan bra ketat dan dalam jangka waktu yang lama memiliki peluang menderita kanker payudara lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak memakai bra.
Lho bagaimana hal ini bisa terjadi ? Menurut penelitian pemakaian bra, terutama yang ketat akan mengganggu sistem kelenjar limfe. Padahal kelenjar ini terdiri dari jaringan lembut otot-otot tubuh yang melindungi struktur jaringan sel payudara, mengalirkan racun, sel bebas, sel kanker, virus, bakteri dan bahan berbahaya lainnya dari payudara. Singkatnya, limfa ini sangat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh kita.
Kecurigaan ini bermula dari kekhawatiran bra yang ketat akan menghalangi kelancaran jalannya kelenjar limfa tersebut. Selain itu peredaran racun yang tidak terkontrol ikut mempengaruhi timbulnya kanker karena proses pembersihannya tidak berlangsung normal.
Tetapi jangan terburu-buru memutuskan untuk tidak memakai bra sama sekali. Itu baru dugaan awal, dan belum pasti itu penyebabnya. Tapi, harus diakui bahwa kemungkinan itu tetap ada. Karena pada dasarnya tubuh kita memang bekerja sebagai sebuah sistem. Itu artinya setiap kegagalan pada salah satu saja bagian akan mengakibatkan terganggunya jalan keseluruhan sistem.
Dengan sistem yang demikian rapi, tidaklah heran bila kita harus menjaga keseluruhan sistem secara utuh. Jangan pernah mengabaikan rasa sakit atau memaksakan memakai pakaian yang tidak nyaman. Pemakaian bra yang terlalu ketat, apalagi dalam jangka waktu yang lama dan sering, tentu akan memicu dampak tertentu pada tubuh kita.Kita masih terus menunggu hasil penelitian selanjutnya. Tetapi, untuk sementara ini akan lebih bijaksana bila kita mengambil langkah aman. Pastikan bra yang kamu kenakan selalu nyaman dan tidak mengganggu aktivitasmu.

sumber:http://mediantara.com 

About This Blog

Followers

Lorem Ipsum

Our Blogger Templates

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP