Powered by Blogger.

Ketika Membicarakan Soal Seks Tidak Tabu Lagi

>> Friday, July 9, 2010

Bisa dikatakan, ketika seorang anak bertanya maslah seks kepada orangtuanya, kerabat dekatnya, maupun sang walikelas, dia tidak mendapatkan jawaban yang lugas, akurat dan tepat.
Memang dengan menjunjung budaya timur, penduduk negeri ini kerap tidak berani terbuka untuk membicarakan masalah seks.
Pasalnya, membicarakan hal itu kerap masih dianggap tabu. karena di anggap masuk ranah privat, tidak patut dibicarakan kepada anak.
Padahal seiring berkembangnya si anak, sebaiknya dipun dibekali dengan informasi kesehatan seks yang seimbang dan akurat. Tujuanya agar dia tidak salah langkah dalam menjalani pergaulan, membentengi diri dari hiburan tak layak konsumsi bahkan menjauhkan diri dari resiko tertularnya penyakit infeksi seperti HIV.
Sebab menurut data UNICEF, sekitar 110 ribu orang Indonesia akan menderita atau telah meninggal karena AIDS dan 1 juta orang lainya akan menderita HIV positif, pada akhir 2010.

Satu dari dua orang penderita AIDS berusia antara 15 dan 29.
Hal inilah yang menjadi buah pikiran Dr Wei Siang Yu, seorang dokter medis lulusan Monash University, Australia.  Dia yang mebidani hadirnya situs internet Sexxie.tv.
Sexxie.tv adalah situs internet yang memungkinkan  remaja Indonesia berinteraksi langsung mengajukan berbagai pertanyaan mengenai kesehatan seksual remaja. kepada para ahlinya.
 Dan Sexxie tv hadir sebagai wadah informasi tersebut yang didukung dengan berbagai platform, termasuk menghadiri seminar online(webinar).
Seperti kata Wei di sela peluncuran dan konferensi pers tentang layanan pendidikan seks interaktif, " Kehadiran Sexxie.tv menjadi wadah interaktif bagi generasi muda dan para dokter serta pakar kesehatan berbasis virtual standart clinic.
Selain itu situs ini memang membidik anak muda yang ingin membahas tentang seks lebih privat dengan para pakar yang tepat.
Wei menambahkan, " Adanya situs ini dapat membantu mengatasi celah komunikasi seperti ketika meberikan pendidikan seks di sekolah dan rumah, di mana guru atau orang tua sering masih malu menerangkan ke anak atau murid sekaligus kurangnya penguasaan pengetahuan medis tentang kesehata seksual.
Dr. Nafsiah Mboi, MPH, Sekretariat Esekutif dari komisi Penanggulangan AIDS pun memaparkan, " Pendidikan kesehatan seksual yang efektif sangatlah penting bagi remaja dan dewasa muda untuk mencegah penularan berbagai penyakit infeksi seperti HIV dan hamil di luar nikah.
Platform virtual yang komprehensif seperti Sexxie.tv dapat menjadi pelengkap atau suplemen bagi pendidikan kesehatan seksual di sekolah dan di rumah. Sexxie.tv juga dapat berperan sebagai alat pengajar yang baik bagi para orang tua dan guru. Semakin banyak kita tahu, semakin mudah pencegahan dilakukan.


Sumber:kompas

0 comments:

About This Blog

Followers

Lorem Ipsum

Our Blogger Templates

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP